Rapat Paripurna Pengesahan Yudo Margono Sebagai Panglima TNI Digelar Pekan Depan

Komisi I DPR RI telah memberi lampu hijau kepada KSAL Laksamana Yudo Margono, untuk menerima jabatan sebagai Panglima TNI, usai menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) calon panglima TNI, pada Jumat (2/12) kemarin.

Dengan lolosnya Yudo Margono sebagai Panglima TNI, maka Panglima TNI saat ini yakni Jenderal Andika Perkasa, pun akan segera menjalani pemberhentian dengan hormat karena telah memasuki masa pensiun.

“Setelah mendengarkan dan mempertimbangkan pandangan fraksi Komisi I, maka Komisi I DPR putuskan setujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” kata Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI, dikutip pada Sabtu (3/12).

Rampung gelaran uji kelayakan dan kepatutan itu, jajaran Komisi I DPR RI yang terlibat dalam hal ini langsung melanjutkan tahapan seleksi yakni berkunjung ke kediaman Yudo Margono.

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, membocorkan kapan kiranya rapat paripurna untuk menindaklanjuti ini akan digelar, mengingat jabatan Panglima TNI akan ditanggalkan per 21 Desember 2022 nanti.

“Hasil uji kelayakan dan kepatutan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI diserahkan langsung pada hari ini ke pimpinan DPR. Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan Paripurna,” kata Dave.

Dave melanjutkan, hasil sidang paripurna itu nantinya akan langsung diserahkan ke Presiden Jokowi, untuk kemudian diatur jadwal pelantikan Panglima TNI yang baru.

“Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi,” tambahnya. (AKM/L44)

Share