PM Kamboja Positif Covid-19 Setibanya di Bali untuk KTT G20

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen mengumumkan bahwa hasil tes menunjukkan dirinya positif Covid-19 pada hari Selasa (15/11). Hal ini terjadi di sela-sela acara KTT G20 Bali ketika ia telah sampai di Bali, Indonesia.

PM Kamboja mengatakan dalam sebuah postingan di Facebook bahwa dia mendapatkan hasil positif saat tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT G20, tetapi tidak mengalami gejala apa pun

“Saudara-saudaraku tercinta! Sekarang saya dinyatakan positif Covid-19,” tulisnya di Facebook.

Dia mengaku telah dites setiap hari, bahkan termasuk sebelum terbang ke G20 di Bali, dan semua hasilnya negatif.

“Saya tidak yakin kapan virus ini datang kepada saya, tetapi ketika saya tiba, orang Indonesia mengambil sampel dari saya pada malam hari, dan paginya dikonfirmasi positif COVID-19,” ungkapnya.

Dia mengatakan “beruntung” bahwa dia tiba di Bali terlambat dan melewatkan makan malam dengan para pemimpin dunia lainnya.

Hun Sen mengatakan bahwa untuk alasan keamanan, delegasi Kamboja akan pulang pada hari Selasa ini. Itu artinya dia akan melewatkan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada KTT APEC di Bangkok, Thailand akhir pekan ini.

“Adapun perwakilan negara-negara ASEAN, kami sedang bernegosiasi untuk menyerahkannya kepada Indonesia sebagai perwakilan (dalam KTT G20),” tambahnya.

Menurut laporan, Hun Sen sebelumnya melakukan pertemuan tanpa mengenakan masker dengan para pemimpin dari delapan negara Asia Tenggara serta Amerika Serikat, China, Jepang, Australia, dan Kanada di KTT ASEAN yang berakhir pada Minggu (13/11) lalu. (SC/L44)

Share