Lensa Manca

Perubahan Strategi Bisnis: Micron Menjual Pabrik Chipnya di Utah

Pada hari Selasa, Micron Technology Inc mengatakan akan menjual pabrik chipnya yang berlokasi di Lehi, Utah karena telah berhenti membuat jenis chip yang dikembangkan bersama dengan Intel satu dekade lalu.

Lehi adalah satu-satunya pabrik Micron yang berbasis di Idaho dan membuat chip terkenal bernama Xpoint 3D. Xpoint 3D adalah chip yang dibuat dengan mementingkan harga-ke-performa antara kedua jenis chip memori: DRAM, cepat tapi mahal. Atau NAND, lambat tapi murah.

Micron memperkenalkan produk pertamanya tahun lalu yang ditargetkan kepada pelanggan professional dan pusat data bernama X100. Sumit Sadana, Kepala Bisnis Micron, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa mereka menerima tanggapan suram dari pelanggan karena mereka harus menulis ulang sebagian besar perangkat lunak mereka untuk memanfaatkan jenis memori baru.

Permintaan yang rendah juga membuat Micron tidak dapat meningkatkan produksi ke volume yang lebih tinggi dan menekan biaya serta membenarkan untuk terus mengembangkan chip, kata Sadana. Dia mengatakan pabrik yang tidak digunakan itu diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 5 Triliun.

Setelah keluar dari pasar Xpoint 3D, Micron berencana mengubah upaya pengembangannya untuk memanfaatkan standar industri baru yang lebih cepat untuk menghubungkan chip memori ke chip komputasi yang disebut Compute Express Link.\

“Kami akan mendapat (pengembalian) dari investasi baru ini yang akan jauh lebih tinggi karena akan lebih mudah bagi ekosistem perangkat lunak untuk mengadopsi,” kata Sadana.

(Sumber : Reuters)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *