Lensa Jogja

Perlu Ditiru Semangat Lansia Belajar Membaca Al-Qur’an

Usia tidak menjadi batasan bagi umat muslim untuk belajar membaca Al-Qur’an. Semangat itulah yang dimiliki oleh puluhan warga lanjut usia, di lereng Gunung Merapi tepatnya di desa Karangkendal, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Membawa Al-Qur’an dan buku Iqro setiap Sabtu pagi di bulan suci Ramadhan, mereka mengikuti kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dan mengenal huruh Hijaiyah di masjid desa setempat. Kegiatan ini sengaja digelar agar para lansia di desa setempat dapat memperdalam ilmu agama terutama membaca Al-Qur’an dan mengenal huruf Hijaiyah.

Selain itu mereka juga diajarkan tata cara sholat yang benar hingga doa sehari-hari. Para lansia mengaku senang dengan adanya kegiatan TPA Lansia Fatkhul Huda ini, dan berharap dengan mengikuti kegiatan ini mereka sudah dapat membaca kitab suci Al-Qur’an pada bulan Ramadhan berikutnya.

Para guru pengajar yang tak lain adalah pengurus masjid ini mengaku kesabaran menjadi kunci untuk bisa membimbing para lansia, karena para lansia telah mengalami gangguan penglihatan dan sulit melihat huruf Hijaiyah yang berukuran sangat kecil, sehingga para guru pengajar pun harus mengulang beberapa kali.

Saat ini TPA Lansia Fatkhul Huda telah diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Selain lansia, TPA Fatkhul Huda juga membuka kegiatan belajar membaca Al-Qur’an untuk anak-anak yang saat ini telah diikuti oleh sekitar 50 anak mulai dari usia dini hingga SMP. (Hls/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *