Headline

Pemerintah Terbitkan Inpres Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Presiden Jokowi berkomitmen untuk menghapus kemiskinan ekstrem yang terjadi di Indonesia, melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Inpres yang ditandatangani pada 8 Juni 2022 lalu itu, menargetkan program ini rampung di tahun terakhir pemerintahan Jokowi, yakni 2024 mendatang. Sehingga, saat pergantian presiden, Indonesia diharapkan sudah terbebas dari kemiskinan ekstrem.

“Mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan memastikan ketepatan sasaran dan integrasi program antarkementerian/lembaga dengan melibatkan peran serta masyarakat yang difokuskan pada lokasi prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,” demikian bunyi Inpres, dikutip pada Selasa (14/6).

Selanjutnya, merujuk pada Inpres ini, presiden memberi mandat kepada sejumlah kementerian dan kepala daerah seluruh Indonesia, untuk bersinergi menghapus kemiskinan di Indonesia.

Tak hanya itu, pihak-pihak yang diminta turut andil dalam program ini adalah Panglima TNI, Kapolri, Kepala BPS, Kepala BKKBN, dan Kepala BPKP.

Penghapusan kemiskinan ini, dapat ditempuh dengan melalui pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

“Pelaksanaan Instruksi Presiden ini dikoordinasikan oleh Wakil Presiden selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *