Lensa Jogja

Menuju Bantul Tangguh Bencana, FPRB Panggungharjo Dikukuhkan

Upaya penanggulangan resiko bencana memang sudah menjadi tangung jawab berbagai pihak. Kali ini desa Panggungharjo, Sewon, Bantul mengukuhkan 60 anggota dan pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB).

Pengukuhan dilaksanakan langsung oleh Lurah Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi di aula kantor kelurahan Panggungharjo jumat malam.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, puluhan relawan kebencanaan untuk menyatukan komitmen bersinergi dan bergotong royong membantu masyarakat dalam penanganan bencana, baik bencana alam maupun non alam.

Seperti diketahui selain ancaman bencana hidrometrologi, akibat dampak pemanasan global, wabah virus covid-19 yang masih merebak juga menjadi PR besar pemerintah daerah, sehingga keberadaan relawan di berbagai tingkat baik pedukuhan hingga desa dinilai penting dan sangat dibutuhkan dalam membantu pemerintah untuk pengurangan risiko bencana kedepan.

Diharapkan keberadaan relawan ini mampu membaca resiko potensi ancaman yang akan terjadi, sehingga masyarakat lebih siap dan siaga serta semakin dikuatkan untuk menjaga Bantul tangguh bencana.

FPRB desa Panggungharjo beranggotan dari 14 dusun yang ada di kalurahan Panggungharjo untuk masa bakti hingga 5 tahun kedepan.

Desa ini menjadi yang ke 72 dari 75 desa yang ada di kabupaten Bantul yang secara aktif mengukuhkan relawan kebencanaan.

Pengukuhan ini diharapkan dapat membawa semangat baru bagi relawan di Bantul untuk tetap meningkatkan kemampuannya dalam menjaga marwah kesiapsiagaan becana di kabupaten Bantul.(Jkp/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *