Menikmati Uniknya Tempe Benguk, Makanan Khas Kulon Progo

Liburan ke Yogyakarta, tidak lengkap tanpa menikmati kulinernya. Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Tempe Benguk.

Tempe Benguk merupakan kuliner khas Kulon Progo yang unik. Kuliner yang satu ini, terbuat dari bahan dasar kacang koro dan bukan kacang kedelai. Maka dari itu, bentuk kacangnya lebih besar dari tempe pada umumnya.

Proses pembuatan tempe benguk, hampir sama dengan tempe pada umumnya. Namun, membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kehati-hatian. Dalam proses pembuatannya, tempe harus direndam terlebih dahulu selama sekitar dua hari.

Setelah itu, kacang kemudian direbus sampai matang dan didinginkan. Kemudian kacang tersebut di campur dengan ragi dan di bungkus menggunakan daun, hingga tempe benar-benar jadi.

Biasanya, tempe benguk disajikan dan disantap dengan cara digoreng dengan bumbu, seperti medoan pada umumnya.

Namun di Kulon Progo, tempe benguk ini sering dimasak menjadi besengek. Besengek merupakan olahan tempe benguk, yang dibuat dengan cara seperti dibacem, namun menggunakan santan.

Dalam proses pembuatannya, tempe direbus terlebih dahulu hingga empuk dan dibuang airnya bila sudah empuk. Kemudian dimasak bersama dengan santan dan bumbu khusus, hingga meresap dan santannya mengental. (AI/L44)

Share