Lensa MancaLensa Terkini

Liga Muslim Dunia Ingin Gelar Dialog Antar Umat Beragama di Indonesia

Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia) untuk ASEAN dan Australia, Syeikh Abdurachman Alkhayyat, menyambangi Indonesia untuk membicarakan rencana dialog antar umat beragama kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dipilihnya Indonesia untuk menggelar dialog antara umat beragama ini, kata Syeikh Abdurachman Alkhayyat, adalah karena masyarakat Indonesia dipandang sangat damai hidup berdampingan dengan suku, budaya, dan agama yang berbeda-beda.

“Kita tahu Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang beragam agama, dengan mayoritas muslimnya. Dan di Indonesia semua berjalan aman dan damai. Karena itu kami ingin membuat dialog antar umat beragama yang dilaksanakan di Indonesia,” katanya, dikutip dari situs resmi Kemenag, Kamis (23/6).

Kedatangan pihak Liga Muslim Dunia ke Indonesia dengan tujuan tersebut, tentu disambut hangat oleh Menag Yaqut. Menurut Menag, hal tersebut sejalan dengan upaya yang selama ini digalakkan oleh Kemenag, untuk terus menghangatkan keharmonisan antar umat beragama.

“Kami sangat senang sekali dengan niatan ini. Islam memang harus menunjukkan wajah damainya, karena memang itulah wajah Islam sesungguhnya, dan inilah momentum yang baik yang bisa kita sampaikan pada acara tersebut,” kata Menag.

Rencana dialog antar umat beragama ini, nantinya pun bisa berkaitan dengan puncak perhelatan G20, di mana Indonesia sendiri menjadi tuan rumah, pada Oktober mendatang.

Atas lampu hijau yang diberikan oleh Indonesia dalam hal ini, Syeikh Abdurachman Alkhayyat menyebut, bahwa ia akan segera mengirim Sekjan Liga Muslim Dunia untuk mengurus keberlanjutan kerjasama ini.

“Saya yakin Indonesia bisa menjadi simbol Kerukunan beragama dunia,” tambahnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *