Korea Selatan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Setelah Kalahkan Portugal

Timnas Korea Selatan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, usai berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12).

Sebelum pertandingan ini digulirkan, tidak banyak yang menjagokan Korea Selatan menang di laga ini. Pasalnya, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo sudah meraih dua kemenangan dan mereka butuh satu poin saja untuk mengunci juara grup.

Di laga ini, Portugal berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol cepat Ricardo Horta. Namun, Korea Selatan berhasil membalikkan kedudukan berkat gol Kim Young-gwon dan Hwan Hee-chan.

Berkat kemenangan ini, Timnas Korea Selatan lolos ke babak selanjutnya dengan status runner-up grup. Mereka mengemas empat poin, unggul produktivitas gol dari Uruguay di tempat ketiga (4-4 berbanding 2-2).

Hasil kemenangkan Korsel ini berlangsung sangat dramatis. Portugal lebih banyak menekan di menit-menit akhir babak pertama tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta hingga masuk ke babak kedua.

Memasuki babak kedua, duel berlangsung lebih sengit. Baik Portugal maupun Korsel silih berganti menebar ancaman.

Hwang In Beom nyaris membuat Korsel berbalik unggul di menit ke-69, jika tembakan kerasnya di kotak penalti gagal dibendung kiper Portugal Diogo Costa yang tampil impresif.

Portugal juga lebih gencar menyerang di menit-menit akhir tapi Korsel mampu mencuri gol lewat serangan balik cepat yang diinisiasi Son Heung Min.

Bintang Tottenham Hotspur itu kemudian mengirim umpan terobosan yang sukses dituntaskan Hwang Hee Chan di menit ke-91. Portugal mencoba membalas hanya saja wasit lebih dulu meniup peluit panjang.

Son Heung Min dkk finis sebagai runner up Grup H berkat unggul selisih gol dari Uruguay yang sama-sama mengemas empat poin. Sementara Portugal meski kalah saat laga ketiga Grup H tapi tetap berada di puncak klasemen dengan enam poin dan lolos ke babak 16 besar. (SC/L44)

Share