Lensa Manca

Kapal dan Pesawat Pengintai Militer China Terlihat di Karang Laut China Selatan

Seiring upaya AS untuk mengalihkan fokus keamanan nasionalnya ke Pasifik, situasi di Laut China Selatan terus tumbuh menjadi lebih kompleks. China mengklaim hampir seluruh wilayah sebagai miliknya dan telah menjalankan sengketa teritorial dengan hampir semua tetangganya, sementara ketegangan tetap tinggi sebagian karena kehadiran Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat yang lebih agresif.

Pada hari yang sama para pemimpin Pentagon mengeluarkan arahan baru untuk memfokuskan departemen pada China, PLAN telah mengerahkan aset pengawasan tambahan ke salah satu pangkalan militer pulau buatannya di Laut China Selatan, menurut citra baru yang ditinjau oleh USNI News.

Citra satelit dari hari Rabu (9/6) yang disediakan oleh Maxar menunjukkan kapal pengumpul intelijen Type-815G di laguna di Fiery Cross Reef di Kepulauan Spratly. Di lapangan terbang terdapat pesawat patroli maritim Y-8Q Angkatan Laut China dan pesawat KJ-500 Airborne Early Warning & Control (AEW&C).

Fiery Cross Reef adalah salah satu dari beberapa pulau buatan yang dibentengi di Spratly. Pemerintah China telah menggunakan reklamasi lahan untuk membangun landasan pacu, pelabuhan, dan pangkalan militer di ujung baratnya. Pulau ini lebih dekat ke Vietnam daripada daratan Cina dan juga diklaim oleh Vietnam dan Filipina.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *