Jepang Permalukan Jerman 2-1, Hingga Spanyol Pesta Gol Hadapi Kosta Rika 7-0

Piala Dunia 2022 yang berlangsung tadi malam sangat menarik untuk diiikuti sebab ada pertandingan seru dan mengejutkan saat timnas Jerman takluk 1-2 dari timnas Jepang. Lalu, timnas Spanyol yang secara luar biasa pesta gol 7-0 saat melawan timnas Kosta Rika.

Selain itu, dalam pertandingan Piala Dunia 2022 lainnya yang berlangsung Rabu (23/11/2022) malam hingga Kamis dini hari, timnas Kroasia yang berstatus finalis Piala Dunia 2018 ditahan imbang oleh timnas Maroko tanpa gol. Lalu, timnas Belgia berhasil menang tipis atas Kanada 1-0 di fase Grup F Piala Dunia 2022.

Jepang Kalahkan Jerman

Timnas Jepang untuk pertama kalinya mampu mengalahkan timnas Jerman yang notabene menyandang status empat kali juara Piala Dunia.

Head to head antara timnas Jepang dengan timnas Jerman sudah tiga kali bertanding sebelumnya. Hasilnya satu kali imbang dan dua kekalahan yang dialami timnas Jepang.

Diketahui, timnas Jepang sebenarnya tertinggal lebih dulu dari timnas Jerman di laga ini. Timnas Jerman yang berjuluk Die Mannschaft ini mampu meraih keunggulan lewat gol dari titik penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33.

Namun, timnas Jepang yang berjuluk Samurai Blue itu, mampu bangkit di babak kedua. Gol-gol dari pemain pengganti Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano (83′) membuat Samurai Blue menang 2-1 atas anak asuh Hansi Flick.

Kemenangan timnas Jepang atas timnas Jerman itu menjadi sejarah baru, di mana timnas Jepang untuk pertama kali dalam sejarah mampu menang pertandingan setelah kebobolan lebih dulu.

Sebelumnya, timnas Jepang tercatat sembilan kali melakoni pertandingan dengan kebobolan lebih dulu. Hasilnya dua laga berakhir imbang dan tujuh laga berujung kekalahan.

Kemenangan atas timnas Jerman membuka kesempatan timnas Jepang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Selain itu, saat itu timnas Jepang menduduki posisi ke-2 klasmen Grup E Piala Dunia 2022 dengan Koleksi 3 Poin.

Sebelumnya, Samurai Blue sempat memuncaki klasemen Grup E sebelum digeser oleh timnas Spanyol.

Timnas Spanyol yang bermain setelah laga timnas Jerman vs timnas Jepang tampil luar biasa kontra Kosta Rika. Timnas Spanyol yang berjuluk La Furia Roja mampu menang telak dengan mencetak tujuh gol tanpa balas di Stadion Al Thumama. Ini merupakan awal yang indah bagi timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Sebagai informasi, mencetak total tujuh gol dalam satu pertandingan di level Piala Dunia bukanlah hal mudah. Pesta gol ini jadi bukti ketangguhan timnas Spanyol yang layak dipertimbangkan sebagai favorit juara.

Laga yang berjalan tidak seimbang sejak awal menciptakan pesta tujuh gol buat timnas Spanyol. Gol yang diciptakan La Furia Roja kali ini datang dari enam pemain berbeda, mulai dari Dani Olmo (11′), Marco Asensio (21′), Ferran Torres (31′, 54′), Gavi (54′), Carlos Soler (90′), dan Alvaro Morata (90+2′).

Kemenangan besar ini mengantar Spanyol naik ke puncak klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan 3 poin dan goal difference +7. Sementara itu, timnas Kosta Rika terbenam di dasar klasemen sementara dengan nol poin. (AM/L44)

Share