HeadlineLensa MancaLensa Terkini

Gelombang Panas di Vietnam Akibatkan Kematian Massal Ikan

Sebuah waduk di provinsi Dong Nai, Vietnam selatan sedang terjadi kematian ratusan ikan yang diduga akibat dari gelombang panas yang terjadi di negeri Naga Biru itu.

“Semua ikan di waduk Song May mati karena kekurangan air,” ujar Nghia seorang warga setempat di distrik Trang Bom, dilansir dari AFP, Rabu (1/5).

Gelombang panas yang terjadi lebih dari suhu panas yang normal ditambah lagi daerah tersebut sudah hamper berminggu-minggu tidak turun hujan sehingga mengakibatkan air di waduk tersebut berkurang dan ikan-ikan tidak dapat ruang untuk hidup.

Nghi juga mengatakan pengelola waduk sebelumnya telah mengeluarkan air untuk menyelamatkan vegetasi di hilir.

“mereka mencoba merenovasi waduk dan memasang pompa untuk membuang lumpur sehingga ikan memiliki lebih banyak ruang dan air,” ujarnya.

Namun upaya tersebut gagal. banyak ikan yang segera mati. Media lokal melaporkan bahwa hingga 200 ton ikan yang mungkin akan mati.

Surat kabar Tuoi Tre melaporkan perusahaan yang bertanggung jawab mengelola danau tersebut telah mulai melakukan pengerukan pada awal 2024, awalnya berencana untuk membuang air tambahan ke dalam waduk untuk ikan.

“Tetapi karena gelombang panas yang tak henti-hentinya, investor melepaskan air ke daerah hilir sehingga menyebabkan permukaan air turun. Akibatnya, ikan mati secara massal,” lapor surat kabar tersebut.

Waduk ini diketahui menjadi sumber air untuk tanaman di distrik Trang Bom dan Binh Cu di provinsi Dong Nai.

Pihak berwenang dilaporkan sedang menyelidiki insiden tersebut dan juga berupaya mengeluarkan ikan yang mati.

“Saya berharap pihak berwenang melakukan yang terbaik untuk memperbaiki situasi ini,” kata Nghia.

Beberapa negara di Asia diketahui akhir-akhir ini dilanda gelombang panas ekstrem.

Myanmar mengalami gelombang panas yang tidak biasa pada bulan April, dengan suhu mencapai 48,2 derajat Celcius.

Gelombang panas terjadi di Thailand dengan suhu maksimum 41 derajat. Angin panas ini menyebabkan 30 orang meninggal akibat sengatan panas.

Sumber :

Agregator : Daffa / L44

Share