Cristiano Ronaldo Resmi Tinggalkan Manchester United

Di saat terselenggaranya pesta sepak bola dunia di Qatar, Manchester United mendadak memberi kabar yang mengejutkan.

Tim yang berjuluk Setan Merah itu, diketahui telah resmi mendepak mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo dari timnya.

Perpisahan antara Cristiano Ronaldo dan Manchester United diketahui berdasarkan pengumuman yang diunggah di laman resmi klub pada Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Sementara Cristiano Ronaldo sendiri juga telah mengumumkan akhir kerja samanya dengan Manchester United.

Lewat beberapa kalimat singkat, pihak Manchester United memutuskan untuk melepas Ronaldo sebelum kontraknya habis akhir musim ini. Kontrak kerja sama antara Cristiano Ronaldo dan Manchester United sejatinya berlaku hingga akhir Juni 2023.

“Setelah percakapan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal,” kata Ronaldo, dikutip pada Kamis (24/11).

Meski begitu, Setan Merah mengucapkan terima kasih kepada Cristiano Ronaldo atas kontribusinya. Selain itu, MU juga menegaskan, pemain lainnya akan fokus membantu Erik ten Hag.

“Klub berterima kasih padanya atas kontribusi yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 penampilan, dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dia dan keluarganya,” lanjut pernyataan Manchester United.

“Semua orang di Manchester United tetap fokus untuk melanjutkan kemajuan tim di bawah Erik ten Hag dan bekerja sama untuk memberikan kesuksesan di atas lapangan,” tutup pernyataan MU.

Dengan perpisahan tersebut, tentunya Ronaldo akan kehilangan pendapatan yang cukup besar setelah ‘cerai’ dengan MU. Total sisa gaji Ronaldo sampai kontraknya habis di musim panas nanti, sebesar 16 juta Pounds atau setara Rp297 miliar!

Diketahui, gaji per pekan Ronaldo di MU berada di angka 385 ribu Pounds per pekan atau setara Rp7,1 miliar.

Angka tersebut bahkan menjadikannya salah satu pemain dengan gaji terbesar di Liga Inggris. Itu belum dipotong 25% karena Setan Merah gagal ke Liga Champions di musim ini.

Sebagai informasi, Ronaldo pernah membela Manchester United pada periode 2003-2009. Setelah itu, Ronaldo yang sempat berkarier bersama Real Madrid dan Juventus kembali bermain untuk Man United pada 2021-2022.

Perpisahan antara Ronaldo dan Manchester United menjadi puncak dari rentetan kontroversi yang muncul belakangan ini. Sebelum Piala Dunia 2022 dimulai, Ronaldo menghebohkan dunia sepak bola dengan komentar yang ia utarakan dalam wawancara eksklusif bersama jurnalis Inggris Piers Morgan.

Dalam wawancara itu, Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa dirinya merasa dikhianati oleh Manchester United. Dia pun mengaku tidak memiliki rasa hormat kepada pelatih Setan Merah saat ini, yakni Erik ten Hag.

Pernyataan Cristiano Ronaldo dalam wawancara bersama Piers Morgan itu menghadirkan kontroversi di sekitar kubu Manchester United. Setelah itu, Manchester United langsung mengambil langkah untuk menindaklanjuti pernyataan kontroversial Ronaldo dalam wawancara bersama Piers Morgan.

Diketahui bahwa Manchester United memang sudah menjajaki kemungkinan untuk mengakhiri kontrak Ronaldo yang sejatinya berlaku hingga Juni 2023, setelah wawancara kontroversial itu beredar.

Kini, rencana untuk memutus kontrak Ronaldo telah menjadi kenyataan. Ronaldo akan segera meninggalkan Manchester United untuk yang kedua kalinya setelah perpisahan pertama terjadi pada 2009 silam.

Kala itu, Ronaldo meninggalkan Manchester United untuk bergabung dengan klub raksasa Liga Spanyol, yakni Real Madrid. (AM/L44)

Share