Lensa Jogja

BNPB Bakal Dirikan Museum Gempa Bumi Di Kabupaten Bantul

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo secara resmi membuka kegiatan refleksi 15 tahun gempa bumi Bantul yang ditadai dengan pemukulan kentongan di Potrobayan, Pundong, Bantul kamis siang.

Mengambil tema “Merawat Ingatan Masyarakat Dalam Mewujudkan Bantul Tangguh Bencana” kegiatan dilaksanakan tepat di Tugu Prasasti Episentrum gempa bumi Bantul 2006.

Selain dihadiri oleh sejumlah jajaran Pemkab Bantul dan tokoh masyarakat serta saksi sejarah gempa Bantul, puluhan masyarakat juga dengan khitmad mengikuti kegiatan memorial tersebut.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum untuk memahamkan kembali ancaman bencana yang ada di Bantul dan membudayakan kegiatan sadar bencana kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dan tepat di episentrum gempa ini nantinya oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bakal ada pembelajaran terkait dengan gempa 2006 dengan pendirian sebuah museum gempa bumi sebagai wahana edukasi kepada masyarakat luas.

Konsep besar ini turut mendapat apresiasi dari mantan Bupati Bantul yang juga anggota DPR RI, Idham Samawi. Dirinya berharap keberadaan museum ini nantinya bakal juga dapat menumbuhkan perekonomian warga setempat.

Semangat pemulihan pasca bencana gempa bumi 2006 lalu itu diharapkan dapat menjadi pemantik semangat seluruh pihak dalam upaya penanganan penularan covid-19 di Bantul melalui komitmen bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Seperti diketahui tahun 27 Mei 2006 bencana gempa bumi berkekuatan 5.9 skala richter menerjang dan menewaskan lebih dari 5000 di Yogyakarta tepat 15 tahun lalu.

Sehingga refleksi ini untuk mengenang sekaligus mendoakan kepada seluruh masyarakat yang menjadi korban gempa bumi 15 tahun lalu. (Jkp/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *