Lensa Jogja

Bantu Petani, TNI Bangun Akses Jalan dan Talud

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap satu tahun 2021 secara resmi dibuka. Pembukaan dilakukan langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Pendopo Kalurahan Wonokromo, Pleret, Bantul selasa (2/03) siang.

Pembukaan program tersebut dilakukan dengan penanda tanganan naskah berita acara oleh Komandan Kodim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan dan disaksikan sejumlah pejabat dari Kodim maupun Pemerintah Kabupaten Bantul.

Usai diresmikan, Bupati Bantul bersama rombongan meninjau langsung lokasi pelaksaan TMMD di Dusun Pandes II. Dengan semangat gotong royong tentara bersama Polri dan elemen masyarakat mulai melakukan pembangunan fisik berupa jalan dan talud.

Mereka berbagi tugas antara distribusi material bebatuan dan adonan cor dan membangun konstruksi talud.  Di lokasi inilah nantinya bakal dibangun jalan tani menuju area persawahan yang berupa cor blok sepanjang 500 meter, lebar 3 meter dengan ketebalan 10 centimeter. Serta talud sepanjang 610 meter dengan tinggi 1,1 meter. Proyek senilai 625 juta rupiah ini diharapkan dapat membantu mempercepat akses distribusi hasil pertanian dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

Dalam pelaksaan TMMD Sengkuyung kali ini turut melibatkan 115 orang satuan tugas (Satgas) yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemda, Linmas, Tagana, serta masyarakat.

Pelaksanaan TMMD tahap I tahun anggaran 2021 ini ditargetkan bakal selesai awal bulan April mendatang. Sebelumnya, akses jalan tani yang ada hanya berupa jalan setapak, bebatuan dan tanah sehingga menyulitkan petani menangkat hasil pertanian maupun distribusi pupuk, mengingat kondisi jalan yang sempit dan licin terutama pada musim penghujan.

(JP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *